Rabu, 20 Februari 2019

TIPS: Cara Menghapus dan Mencegah Virus di Android

TIPS: Cara Menghapus dan Mencegah Virus di Android

Cara Mencegah Virus di Android

Menurut Kominfo pengguna android di indonesia mencapai 100 juta lebih dan indonesia disebut sebagai "Raksasa Teknologi Digital Asia". Tapi tahukah kamu, meski di indonesia memiliki pengguna android yang besar. Android juga memiliki kelemahan yang mungkin bisa merugikan kamu sendiri loh.

Android merupakan sistem operasi berbasis linux yang biasanya digunakan pada smarphone atau tablet. Dengan banyaknya pengguna android tentu juga banyak orang yang memanfaatkan android untuk melakukan kejahatan. Contohnya saja banyak virus yang terdapat pada android.

Ketika hp android kamu terkena virus, pasti kamu akan merasa terganggu karena kinerja hp android kamu tidak seperti biasanya. Jika kamu belum tahu dampak virus pada hp android, mari simak beberapa dampak virus android.

1. Android menjadi Lambat

Virus biasanya berjalan tanpa diketahui pengguna, oleh karena itu ketika kamu merasa hp android terkena virus, silahkan cari aplikasi penghapus virus untuk menscan virus yang terdapat pada hp android kamu. Virus berjalan secara backgroud sehingga performa hp android menjadi lambat karena kamu tidak akan tahu bahwa ada sesuatu yang berjalan dibalik layar.

2. Baterai Cepat Habis

Seperti yang dijelaskan diatas, bahwa virus berjalan dibalik layar tanpa diketahui. Maka ketika kamu membuka 1 aplikasi, penggunaan baterai kamu akan serasa membuka 2 sampai 3 aplikasi karena virus. Dan ini membuat baterai hp cepat boros.

3. Penggunaan Kuota Semakin Besar

Selain membuat baterai cepat habis dan memperlambat kinerja android, virus juga dapat membuat penggunaan data internet semakin besar. Hal ini terjadi karena ada proses transfer data dari android kamu ke si pembuat virus. Biasanya virus ini disebut malware, malware dapat mencuri data penting seperti password dan file.


Cara Menghapus Virus di Android


Ada beberapa cara menghilangkan virus di android, tapi yang paling sering digunakan adalah menggunakan antivirus karena lebih mudah dan efisien. Antivirus dapat memfilter berbagai macam virus seperti malware, trojan, adware, dll.

Jika kamu sudah penasaran bagaimana cara menghapus virus android? mari simak beberapa antivirus berikut.

1. 360 Security


360 Security merupakan aplikasi antivirus android gratis. Aplikasi ini bisa kamu download melalui Playstore. Dan Aplikasi ini juga tersedia versi desktopnya loh, apabila komputer kamu terkena virus, kamu juga bisa mengandalkan aplikasi ini.

Aplikasi 360 Security telah menerima banyak penghargaan dari platform-platform besar. Jika kamu lihat feedback di Playstore, pasti kamu akan mendapati banyak feedback positif. Hal ini menjadi nilai lebih untuk 360 Security, bahwa aplikasi ini adalah antivirus terbaik di android.

Untuk cara menggunakan 360 Security, mari simak caranya berikut.

  1. Download 360 Security di Playstore.
  2. Lalu Install APlikasi 360 Security di Android kamu.
  3. Setelah terinstall, silahkan buka 360 Security.
  4. Maka akan terdapat 3 menu yaitu Boost, Clean dan Antivirus.
  5. Bila tujuanmu untuk membersihkan virus, silahkan pilih "Antivirus".
  6. Lalu akan muncul tombol "Scan", silahkan klik saja untuk memulai pemindaian virus.
  7. Setelah melakukan Pemindaian Virus, maka akan muncul beberapa permasalahan pada android kamu, silahkan kamu klik "Repair All".
  8. Maka Hp Android kamu sudah bersih oleh virus dan beberapa permasalahan yang membuat kinerja android menjadi lelet.

2. Avast Mobile Security


Selain 360 Security, kamu bisa menggunakan Avast Mobile Security untuk menghilangkan virus di android kamu. Aplikasi ini juga termasuk sebagai aplikasi antivirus. Aplikasi ini tersedia di Playstore gratis dan kamu juga bisa mendownloadnya versi desktop melalui situs resminya.

Untuk cara install avast mobile security, mari ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Download dan Install Avast Mobile Security.
  2. Buka aplikasi Avast Mobile Security.
  3. Pilih Avast Security Basic, jika ingin menggunakan versi gratisnya.
  4. Maka akan muncul tombol "Scan", klik tombol tersebut untuk memindai virus
  5. Maka otomatis Avast Mobile Security akan memindai dan membersihkan virus di android kamu.

3. Clean Master


Clean Master adalah aplikasi pembersih virus seperti halnya aplikasi-aplikasi diatas. Aplikasi ini telah mengantongi 1 Milyar Downloads di Playstore dan mengalahkan aplikasi-aplikasi diatas. Dan dengan berbagai feedback positif dari penggunanya.

Lalu apa keiistimewaan Clean Master ini? Clean Master selain dapat menghapus virus, aplikasi ini juga dapat melegakan RAM android. Jangan lupa baca juga cara menambah ram android.

Sudah penasaran dengan aplikasi clean master ini, ayo simak cara menggunakan clean master.

  1. Download dan Install Clean Master melalui Playstore.
  2. Buka Clean Master yang sudah diinstall.
  3. Lalu klik tombol "Start".
  4. Maka akan muncul 4 menu (junk files, phone boost, antivirus, dan CPU Cooler. Klik saja "Antivirus"
  5. Otomatis Clean Master akan memindai virus dan menghapsnya, tunggu saja hingga proses selesai.

4. Security Master


Security Master adalah aplikasi keamanan android yang multi fungsi. Aplikasi Security Master ini selain bisa sebagai antivirus aplikasi ini juga bisa digunakan VPN, Booster, AppLock. Ingin mengamankan hp android kamu? jangan lupa baca cara menyembunyikan aplikasi di android.

Security Master ini menurut saya adalah aplikasi yang masih terbilang sangat handal. Jika dilihat dari jumlah download di playstore, aplikasi Security Master ini telah didownload lebih dari 500 juta pengguna android seluruh dunia. Ini membuktikan aplikasi ini sangat produktif untuk menangani virus di android.

Untuk cara menggunakan security master, mari simak langkah-langkahnya berikut.

  1. Download Security Master di Playstore.
  2. Install Security Master di android kamu.
  3. Setelah terinstall, buka aplikasinya dan klik tombol "Start" untuk memindai perangkat android kamu.
  4. Lalu akan muncul beberapa permasalahan, silahkan klik tombol "Resolve All" untuk mengatasi semua permasalahan tersebut.

Cara Mencegah Virus di Android


Ada pepatah yang bilang "Lebih baik mencegah daripada mengobati", nah sama halnya dengan hp android kamu, lebih baik mencegah virus daripada menghapus virus. Loh Kenapa? karena virus android itu sama halnya virus penyakit, ada yang gampang diobati dan ada yang susah diobati.

Oleh karena itu rawatlah hp android kamu sebelum sakit dan butuh pengobatan. Karena virus juga bisa membuat hp android mati. Namun sekarang kamu gak perlu khawatir, bagaimana cara merawat hp android agar tidak terserang virus. Karena ketawain.com akan memberikan tips mencegah virus android.

Pensaran bagaimana cara mencegah virus android? mari simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Menghapus Hak Administrator Aplikasi


Kamu pasti sering menginstall aplikasi sembarangan kan? perlu kamu ketahui ketika kamu download aplikasi sembarangan di google tanpa melalui situs resminya atau playstore. Aplikasi tersebut berpeluang terkontaminasi oleh virus, jadi kamu harus selektif dalam menginstall aplikasi.

Apabila kamu sudah terlanjur menginstall aplikasi, dan dirasa aplikasi tersebut mencurigakan silahkan lakukan uninstall atau menghapus hak administrator apabila aplikasi tersebut masih bermanfaat buat kamu. Bagaimana cara menghapus hak administrator di android? mari simak caranya.

  1. Masuk ke "Pengaturan" di Android kamu.
  2. Lalu pilih "Keamanan" dan pilih "Device Administrator".
  3. Silahkan cabut ijin administrator dari aplikasi yang menurut kamu mencurigakan.
  4. Maka aplikasi tersebut tidak memiliki hak akses penuh lagi pada hp android anda, sehingga tidak mungkin virus dapat masuk.

2. Tips Merawat Android


Ketawain.com memiliki beberapa tips buat kamu untuk menjaga hp android agar tidak terserang virus. Mari simak tips merawat hp android berikut ini.

  1. Selalu lakukan scanning secara berkala menggunakan aplikasi antivirus diatas.
  2. Jangan pernah menginstall aplikasi dari sosmed yang kita tidak tahu sumber/pengembangnya.
  3. Hati-hati dalam menginstall aplikasi bajakan atau mod.
  4. Sebelum menginstall aplikasi jangan lupa lihat feedback aplikasi yang ingin diinstall.

Nah itulah cara menghapus dan mencegah virus di hp android. Selalu jaga hp android kamu ya, kalo udah kena virus pasti biayanya bakal mahal sekali. Apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis di kolom komentar. Dan jangan lupa baca juga cara root hp android.
Buka Komentar Tutup Komentar