Jumat, 15 Februari 2019

Panduan: 5 Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android

Panduan: 5 Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android

Cara Menyembunyikan Aplikasi

Tahu gak sih data kamu itu termasuk dari privasi kamu. Pernahkan memergoki temenmu sedang melihat data yang menjadi privasi kamu. Maka dari itu kamu memerlukan aplikasi pengunci supaya data kamu tidak sembarangan dilihat oleh orang lain.

Selain menggunakan aplikasi pengunci kamu juga bisa menyembunyikan aplikasi android kamu. Banyak cara untuk menyembunyikan aplikasi android, nah kali ini ketawain.com akan memberikan beberapa caranya.

Sudah penasaran apa saja cara menyembunyikan aplikasi android, ayo simak cara-caranya dibawah ini.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android


Menyembunyikan aplikasi di android merupakan langkah yang tepat untuk melindungi privasi data-data kamu. Namun menyembunyikan aplikasi android sering kali menimbulkan masalah seperti lupa password/pola, oleh karena itu kamu harus mengingat setiap password/pola yang kamu buat.

Jadi sekarang mari kita pahami bagaimana menyembunyikan aplikasi di android. Ada beberapa aplikasi yang bisa membantu kamu menyembunyikan aplikasi di android. Mari simak aplikasinya dibawah ini.

Daftar isi


1. AppLock


AppLock adalah aplikasi pengunci yang sering digunakan, aplikasi applck ini selain bisa mengunci aplikasi, aplikasi ini juga bisa untuk menyembunyikan foto dan video. AppLock juga mempunyai fitur keyboard acak dan pola yang tak terlihat, jadi kamu tidak perlu khawatir ketika temanmu mengintip.

Dengan AppLock ini kamu tidak peru khawatir lagi ketika orang tua mu mengecek hp kamu, ketika temenmu meminjam hpmu. Jadi kamu sedikit lebih tenang ketika meminjamkan atau meninggalkan hp android kamu.

Untuk Cara Menggunakan AppLock mari simak dibawah ini.
  1. Download AppLock di Playstore.
  2. Install AppLock di android kamu.
  3. Buka AppLock dan kamu akan diminta untuk mengatur kata sandi.
  4. Setelah mengatur kata sandi applock, silahkan pilih aplikasi mana yang ingin dikunci.
  5. Maka aplikasi berhasil dikunci,silahkan cek sendiri.

2. CM Locker


CM Locker juga merupakan aplikasi pengunci seperti applock diatas, aplikasi ini dikembangkan oleh Cheetah Mobile. Kamu bisa mendownload CM Locker di Playstore secara gratis.

Untuk CM Locker ini sudah tidak diragukan lagi untuk kemampuannya, karena memiliki berbagai fitur yang menarik dan bermanfaat buat kamu. Salah satu fitur yang menarik adalah CM Locker dapat memotret seseorang yang berusaha untuk membuka paksa aplikasi yang sudah kamu kunci.

Nah daripada banyak bicara, mari kitta simak cara menggunakan CM Locker ini.
  1. Download dan Install CM Locker melalui Playstore.
  2. Buka Aplikasi CM Locker
  3. Pilih Menu Kata Sandi dan atur pola kunci/password yang kamu inginkan.
  4. Untuk memotret penyusup, silahkan pilih menu Penyusup dan Aktifkan
  5. Ubah alamat email agar foto penyusup dapat masuk ke email kamu.
  6. Untuk pengaturan lainnya silahkan kamu kreasikan sendiri ya.

3. Apex Launcher


Apex Launcher adalah aplikasi untuk mengkustomisasi tampilan layar beranda android termasuk ikon dan folder. Meski aplikasi ini bukan seperti aplikasi pengunci diatas, namun aplikasi ini bisa dimanfaatkan sebagai penyembunyi aplikasi yang cukup bagus.

Aplikasi ini bisa kamu dapatkan di playstore, dan dijalankan tanpa root. Daripada kamu penasaran dengan aplikasi Apex Launcher ini ayo simak cara menggunakan apex launcher.
  1. Download Apex Launcher di Playstore.
  2. Lalu Install Apex Launcher.
  3. Buka Apex Launcher, pilih menu pengaturan dan klik home.
  4. Setelah itu pilih saja default launcher, karena kamu hanya membutuhkan fitur hidden appnya saja.
  5. Klik Drawer Setting dan pilih hidden apps.
  6. Pilih aplikasi apa saja yang ingin kamu sembunyikan, lalu simpan.

4. LOCKit


LOCKit adalah aplikasi pengunci seperti halnya aplikasi yang pertama dan kedua, aplikasi ini menjadi solusi untuk kamu yang merasa khawatir akan privasi data di android. LOCKit ini dikembangkan oleh perusahaan terkenal yang bernama SuperTools Corporation dan sekarang telah mengantongi hampir 500 ribu download di playstore.

Untuk menggunakan LOCKit ini mari simak caranya dibawah ini.
  1. Download LOCKit di Playstore.
  2. Install LOCKit di perangkat android kamu.
  3. Buka aplikasi LOCKit, dan kamu akan diminta membuat kata sandi pola.
  4. Setelah kamu membuat pola maka akan diminta Pertanyaan Keamanan, silahkan kamu isi pertanyaan keamanan sesuai yang kamu inginkan.
  5. Lalu akan muncul bplikasi yang tercentang, silahkan hapus terlebih dahulu aplikasi yang tercentang dan klik "Lindungi".
  6. Setelah itu kamu akan masuk ke Menu Pengunci Aplikasinya.
  7. Nah kamu tinggal pilih deh , aplikasi mana yang ingin kamu kunci.

5. PrivateMe


PrivateMe merupakan sebuah aplikasi yang dioperasikan didalam Mikro-OS dimana aplikasi ini membuat OS sendiri diluar dari OS Android perangkat kamu. Setelah itu PrivateMe ini akan menyalin file atau app yang ingin kamu sembunyikan ke Mikro-OS yang telah dibuat oleh privateme.

Penasaran kan dengan kecanggihan dari aplikasi PrivateMe ini, ayo simak cara menggunakan PrivateMe.
  1. Download dan Install PrivateMe terlebih dahulu.
  2. Buka Aplikasi PrivateMe.
  3. Pilih tombol "+" di kanan atas dan tambahkan aplikasi yang ingin kamu sembunyikan.
  4. Untuk fitur yang lainnya kamu bisa kreasikan sendiri ya.

Nah gimana teman-teman dari kelima cara menyembunyikan aplikasi di android, apakah kamu sudah terbantu dengan artikel ini? apakah kamu sudah tidak merasa khawatir dengan data pribadi kamu?. Kalo masih belum paham dan butuh bantuan silahkan komentar dibawah ya.

Demikian cara menyembunyikan aplikasi di android, jangan lupa baca juga cara root android. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu. Sampai jumpa di artikel berikutnya.
Buka Komentar Tutup Komentar